TERWUJUDNYA DAERAH BALIKPAPAN SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA UNGGULAN BERBASIS BUDAYA MULTI ETNIS DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN SERTA MEMBERDAYAKAN POTENSI PEMUDA

Upacara Gelar Senja diawal Tahun 2019

Tuesday - 15 Januari 2019 - Dibaca: 219 kali

Pramuka, Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya Rakyat Muda yang Suka Berkarya.

Perkembangan Pramuka Indonesia terjadi pada tiga periode, yaitu mulai dari masa penjajahan Belanda, masa penjajahan Jepang, dan pasca kemerdekaan Indonesia.

Gerakan Pramuka Indonesia lahir pada tahun 1961, merujuk pada Keppres RI No. 112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka.

Organisasi kepanduan ini kemudian diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat Indonesia pada 14 Agustus 1961, tak lama setelah Presiden RI memberikan anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keppres RI Nomor 448 Tahun 1961.

Sejak saat itu, tanggal 14 Agustus dianggap sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka dan diperingati setiap tahun hingga saat ini. Untuk Gelar Senja acara ini diperingati disetiap bulan pada tanggal 14

Upacara Gelar Senja tanggal 14 Januari 2019 dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Balikpapan pada pukul 17.00 - 18.00 wita. Petugas Upacara Gelar Senja pada hari ini adalah dari Kwartir Ranting Balikpapan Timur di bawah pimpinan Kak Sarikem.

Selaku pembina upacara adalah Kak Soekiranto dari Kwartir Cabang Kota Balikpapan. Pada kesempatan ini pula telah dilantik pengurus Gugus Dharma Balikpapan di bawah pimpinan Kak Triyono.Setelah pelantikan selesai, dilanjutkan dengan penurunan bendera merah putih dan dilanjutkan dengan penyerahan tunggul dari Kwartir Ranting Balikpapan Timur ke Kwartir Ranting Balikpapan Barat.

Acara Gelar Senja dimeriahkan Penampilan pentas seni dari adik - adik Pramuka Kwartir Ranting Balikpapan Timur sebelum Upacara Gelar Senja di halaman Kantor Walikota tadi siang.

Pentas seni berlangsung dari pukul 15.00 - 17.00 wita.

Penampilan mereka adalah :

1. Drumband dari MI Negeri Balikpapan Timur pimpinan Kak Agus Hardiyanto

2. Tari Burung Enggang dari SDN 015 Balikpapan Timur pimpinam Kak Sarikem

3. Tari kreasi Yamko Rambe Yamko dari SDN 010 pimpinan Mabigus Hamriah

4. Tari Jaran Ngincik dari SDN 006 Balikpapan Timur pimpinan Kak Arsani

5. Tari Nusantara dari SDN 019 Balikpapan Timur

6. Tari Dayak dari SDN 018 Balikpapan Timur pimpinan Kak Aminah

7. Flash Mob dari SMAN 7 Balikpapan pimpinan Kak Al Arham

8. Tari Paser Sempolo dari SMAN 7 Balikpapan