Sertifikasi Kompetensi Master Of Ceremony 2023

Pemerintah kota, melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) selenggarakan Kegiatan Sertifikasi Kompetensi Kerja Bidang Ekonomi Kreatif Tahun 2023 yaitu Sertifikasi Kompetensi Master Of Ceremony 2023. Yang diselenggarakan di Astara Hotel Balikpapan, Selasa (29/08/2023). Turut hadir pada kegiatan Ketua Forum Ekraf Kota Balikpapan, Hj Nurlena Rahmad Mas’ud.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Disporapar Balikpapan, C.I Ratih Kusuma. Dalam sambutannya Kepala Disporapar menyampaikan bahwa pembangunan ekonomi kreatif perlu didukung oleh sumber daya manusia yang berkompeten dalam rangka memberikan pelayanan prima bagi wisatawan. Yang mana di amanatkan dalam pasal 7 undang-undang nomor 24 tahun 2019 tentang ekonomi kreatif bahwa pemerintah dan/atau pemerintah daerah melakukan pengembangan kapasitas pelaku ekonomi kreatif melalui standardisasi usaha dan sertifikasi profesi bidang ekonomi kreatif. Sertifikasi sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan tenaga kerja tingkat nasional maupun internasional.

Sektor ekonomi kreatif, yang telah berperan sebagai penyumbang devisa yang cukup besar selain minyak dan gas bumi, menjadi indudtri atau sektor penting yang diandalkan pemerintah ke depan untuk menjadi pilar utama pembangunan ekonomi nasional, maka pengembangan dan pemanfaatan aset aset ekonomi kreatif dapat memberi kontribusi signifikan dalam mewujudkan peran sektor ekraf sebagai andalan pembangunan di masa depan.

Pengembangan sektor ekrafa harus diikuti dengan adanya standar usaha di bidang ekraf yang dibuktikan dengan sertifikasi. Sertifikasi usaha ekraf sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk mendukung pengembangan kegiatan ekonomi kreatif nasional dalam menghadapi persaingan globalsasi dan liberalisasi sektor jasa baik di tingkat regional maupun internasional.

KLIK VIDEO : Master Of Ceremoy

#ekraf
#SertifikasiKompetensiMC
#Disporapar_Balikpapan