Dialog Interaktif Luar Studio Potensi Wisata Pantai Sebagai Pendongkrak Ekonomi dan Warisan Budaya Lokal

Dialog Luar Studio Dengan Tema "Potensi Wisata Pantai Sebagai Pendongkrak Ekonomi dan Pelestarian Lingkungan" Bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Manager Operasional Pantai Lemaru dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Samarinda, dari Kawasan Pantai Lamaru Balikpapan. Sabtu (18/05/2024).

Kepala Disporapar Kota Balikpapan, C.I. Ratih Kusuma dalam dialog. Menyampaikan Laut dan pantai menjadi objek wisata yang perkembangannya paling pesat beberapa tahun terakhir di industri pariwisata di Balikpapan, hampir 25% di wisata bahari, wisata bahari yg di kembangkan yaitu dari timur ada tanjung bayur, teritip, lamaru, manggar sampe ke tengah kota yaitu monpera ,namun kita ada juga wisata mengembangkan wisata susur teluk balikpapan yang akan dikembangkan di kota Balikpapan.

Laut dan pantai menjadi objek wisata yang perkembangannya paling pesat beberapa tahun terakhir di industri pariwisata dunia. Sifat lingkungan pesisir yang dinamis menjadikan popularitas wisata bahari kian menjanjikan, apakah itu wisata memancing, berenang, jetsky, berperahu, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam di pinggir pantai dari villa. ??Wisata bahari bisa menjadi alat canggih dalam membangkitkan ekonomi kreatif di Indonesia. Wilayah laut tak hanya berfungsi melindungi ekosistem dan keanekaragaman hayati di dalamnya, tapi juga memberi manfaat ekonomi bagi negara berkembang berbentuk kepulauan seperti Indonesia.

"Dalam mengembangkan pengelola objek wisata bahari, Balikpapn berupaya pengembangan destinasi sesuai prinsip pengelolaan pariwisata. Di antaranya dengan konsep 5A yakni atraksi, aksesibilitas, amenitas, akses-wifi dan akomodasi.Kelima faktor ini memiliki peran penting dalam membangun pengalaman berwisata yang nyaman serta menyenangkan bagi wisatawan. Sehingga, pengelolaan berjalan baik dan destinasi tersebut banyak diminati” ungkap ratih.

#ayoberliburkebalikpapan
#BalikpapanNyaman
#Disporapar_Balikapapan
#pesonaindonesia
#pesonabalikpapan