DISPORAPAR KOTA BALIKPAPAN SELENGGARAKAN KEMAH PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR (DIKLATSAR) BELA NEGARA

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan menggelar Kemah Pendidikan dan Latihan Dasar Bela Negara.

Bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Dodikjur, Otorita IKN, BNN, OPD Propinsi Kaltim dan Kota Balikpapan di Hutan Lindung Sungai Wain selama 4 hari dari tanggal 26 sampai 30 Juni 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Wali Kota Balikpapan diwakili Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Ratih Kusuma pada hari Kamis (27/06/2024).

Dalam sambutannya, mengatakan bahwa usaha bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara. Bela negara adalah salah satu sistem pertahanan rakyat semesta yang perlu dilakukan untuk dapat mengantisipasi segala macam ancaman yang kompleks dan multidimensional, baik saat ini maupun ancaman di masa depan yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

"Bela negara adalah tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air serta kesadaran hidup berbangsa dan bernegara. Upaya bela negara dapat dilakukan oleh seluruh rakyat melalui pengabdian sesuai dengan profesinya masing-masing yang dapat mewujudkan ketahanan nasional," ungka Ratih.

Disporapar Balikpapan mengadakan diklat bela negara dengan metode perkemahan out door berupa pengajaran, pelatihan dan pembinaan secara menyeluruh selama 4 hari sejalan program nasional Kemhan. Diklat kader bela negara yang diikuti 100 peserta pemuda terdiri dari 50 Pria dan 50 Wanita dengan usia 16-30 tahun, kegiatan diklat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bela negara serta melatih pemuda berkepribadian pancasila dengan semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi melalui berbagai pengetahuan.

Dalam diklat kader bela negara ini, Pemuda Balikpapan mendapatkan materi berkaitan dengan sikap bela negara seperti etika, integritas, kedisiplinan, kejujuran, keberanian, dan kebersamaan," ungkap Ratih.

Selain itu mereka juga akan dilatih di lapangan untuk mendapatkan pelatihan caraka malam, pasukan baris berbaris (PBB), building learning
commitment, pembinaan dan pengasuhan (bimsuh), dan api semangat bela negara, serta outbound.

#pemuda