PULIH LEBIH CEPAT DAN BANGKIT LEBIH KUAT - 78 TAHUN INDONESIA MERDEKA - BALIKPAPAN GOTONG ROYONG BALIKPAPAN NYAMAN

Festival Sandex ramaikan event HAORNAS XXXIX Balikpapan

Sunday - 04 September 2022 - Dibaca: 1204 kali

Festival Sandeq bakal meramaikan event Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang digelar di Kota Balikpapan. Sandeq ini adalah kapal nelayan untuk menangkap ikan, yang digunakan di sehari-hari di Sulawesi Barat (Sulbar). Kendati begitu, Sandeq belakangan mulai digelar dalam festival-festival.

Staf Ahli Bidang Perekonomian Wali Kota Balikpapan, Doortje Marpaung menjadi koordinator untuk panitia Balikpapan Festival Sandeq. Nantinya kapal akan berangkat dari Tanjung Silopo, Sulawesi Barat, menuju destinasi wisata pantai Manggar di Balikpapan, Kaltim.

Balikpapan yang dipilih sebagai tempat sandar sandeq ini tak lepas dari bentuk dukungan terhadap Ibu Kota Nusantara, di mana Balikpapan jadi salah satu penyangganya.

"IKN sudah diumumkan oleh Presiden akan berlokasi di Kalimantan Timur. Dan mengapa tidak mendukung itu melalui festival ini. Itu yang disampaikan Pj Gubernur Sulawesi Barat yang merupakan Ditjen Otda, Bapak Akmal Malik," tutur Doortje Marpaung usai melaksanakan rapat Festival Sandeq dan persiapan Haornas Kota Balikpapan, Selasa (30/08/2022).

Festival Sandeq ini menggunakan pola sharing atau kolaborasi dalam pelaksanaannya. Bukan menggunakan anggaran APBD, namun dibantu mitra Gubernur Sulbar. "Karena hubungan Pj Gubernur Sulbar dengan Wali kota kita cukup bagus, maka Balikpapan menyatakan siap mendukung," jelasnya.

 

Baca selengkapnya di web.balikpapan.go. id

 

#Sandeq

#HaornasBalikpapan

#welovebalikpapan