PULIH LEBIH CEPAT DAN BANGKIT LEBIH KUAT - 78 TAHUN INDONESIA MERDEKA - BALIKPAPAN GOTONG ROYONG BALIKPAPAN NYAMAN

Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Ekonomi Kreatif Subsektor Desain Interior

Friday - 03 Maret 2023 - Dibaca: 197 kali

Disporapar Balikpapan hadiri Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Ekonomi Kreatif Subsektor Desain Interior yang diselenggarakan dan difasilitasi oleh Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Kemenparekraf RI yang diikuti oleh 65 orang anggota Asosiasi Pengusaha Jasa Dekorasi Indonesia (ASPEDI)Kalimantan Timur, termasuk Puteri Indonesia Kaltim 2023, Natasya Priyanka. Bertempat di Swiss-Bell Hotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (27/2/2023).

Dalam hal ini Sekretaris DPOP Balikpapan, Abdul Majid menyampaikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Bahwa, sertifikasi dari semua sub sektor penting untuk mendorong perkembangan pariwisata di Kota Balikpapan.

"Seiring dengan ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, jumlah wisatawan telah meningkat sebesar 21,42 persen dari target. Sehingga, tuntutan untuk sertifikasi kompetensi menjadi meningkat," ujarnya.

Senada demikian, Direktur Standarisasi Kompetensi, Kemenparekraf RI, Titik Lestari juga tekankan urgensi sertifikasi bagi para pelaku Parekraf. Melalui tahapan pelatihan berbasis kompetensi, verifikasi, dan uji kompetensi.
"Pemberian sertifikasi profesi mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional, Standar Internasional, dan atau standar khusus lainnya," tutur Titik Lestari.

Sementara Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian menyoroti lonjakan permintaan gelaran pesta pernikahan, ulang tahun, hingga event pameran di Kaltim yang memberi angin segar bagi penyedia jasa dekorasi.

Selain itu, penunjukan Kaltim sebagai IKN menjadi momentum bergeliatnya banyak acara event dan pameran. Tentu pengusaha dekor harus mengambil kesempatan emas ini," ungkapĀ @hetifah