PULIH LEBIH CEPAT DAN BANGKIT LEBIH KUAT - 78 TAHUN INDONESIA MERDEKA - BALIKPAPAN GOTONG ROYONG BALIKPAPAN NYAMAN

Penyenggelaraan Sertifikasi Profesi Hoteiler Balikpapan

Friday - 24 Maret 2023 - Dibaca: 112 kali

Pemerintah Kota melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata selenggarakan Sertifikasi Hoteiler. Kegiatan ini dibuka oleh Kapala Disporapar Balikpapan C.I. Ratih Kusuma W. yang diikuti oleh 50 Peserta dengan asesor LSP Mahamu Mandiri bertempat di Swiss Belhotel Balikpapan, Jumat. (17/03/2023)

Dalam sambutan Kepala Disporapar Balikpapan menyampakain, dalam rangka upaya menyambut IKN dan sebagai kota penyangga, Balikpapan sedang berbenah diri dan menyiapkan sarana, prasarana, termasuk kesiapan sumber daya manusia yang menjadi penggerak dan kemajuan bagi pembangunan IKN. Salah satu motor penggerak dari sisi kesiapan sdm adalah terciptanya sdm yang terampil, handal, mandiri dan inovasi.dalam pembangunan kepariwisataan perlu di dukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dalam rangka memberikan pelayanan prima bagi wisatawan.

“Dalam undang-undang nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan bahwa tenaga kerja di bidang kepariwisataan wajib memeiliki standar kompetensi melalui sertifikasi. sertifikasi sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan tenaga kerja tingkat nasional maupun internasional. Sektor pariwisata sebagai penyumbang devisa yang cukup besar selain minyak bumi dan gas bumi, menjadi industri atau sektor penting yang diandalkan pemerintah ke depan untuk menjadi pilar utama pembangunan ekonomi nasional, maka pengembangan dan aset-aset pariwisata dapat memberi kontribusi signifikan dalam mewujudkan peran sektor pariwisata sebagai andalan pembangunan di masa depan. Pengembangan sektor pariwisata harus diikuti dengan adanya standar usaha di bidang pariwisata yang dibuktikan dengan sertifikasi. sertifikasi usaha pariwisata sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk mendukung pengembangan kegiatan kepariwisataan nasional dalam menghadapi persaingan globalisasi dan liberalisasi sektor jasa baik di tingkat regional maupun internasional.” Ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan sertifiaksi hotailer : Direktur LSP Pariwisata; Mahamu Mandiri Murad, Para Asesor : Prastiawan Wicaksono dan Rinto Dwiatmojo, Ketua Phri Kota Balikpapan ; Syahmal, Perwakilan Kantor Kementrian Agama, Para Peserta Sertifikasi Kompetisi Hoteliner serta rekan-rekan Disporapar Balikpapan.

KLIK VIDEO : Sertifikasi Profesi Hoteiler