SDM UNGGUL INDONESIA MAJU - DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 76 - MEWUJUDKAN KOTA BALIKPAPAN SEBAGAI KOTA TERKEMUKA YANG NYAMAN DIHUNI DAN BERKELANJUTAN MENUJU MADINATUL IMAN. #diRumahAja #StaySafe

Tambah Fasilitas Manggar setelah Lebaran Sambut Event Drone Nasional Pertengahan Tahun

Thursday - 21 Juni 2018 - Dibaca: 575 kali

Event drone berskala nasional bakal digelar di Pantai Manggar. Saat ini jadwal dan kesiapannya sedang dibahas. Pemkot tentu tak mau malu. Karena itu, berbagai penambahan fasilitas serta infrastruktur pantai di Balikpapan Timur tersebut diharapkan segera dikebut usai Lebaran.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan, Oemy Facessly menyebutkan, beragam fasilitas yang akan ditambah seperti taman, jogging track, sarana olahraga paralayang, pujasera, serta pagar. Akan ada dua lokasi baru bagi para pedagang atau gerai makanan (pujasera).
“Pagar untuk menutup jalan tikus yang digunakan warga yang tak mau membeli karcis masuk,” kata Oemy. Sejumlah fasilitas tersebut saat ini dalam tahap lelang. Pembangunannya menggunakan dana APBD senilai Rp 9 miliar. Dengan jumlah dana yang besar itu, pendapatan asli daerah (PAD) yang ditarget dari objek wisata andalan Balikpapan ini juga besar, yakni Rp 4 miliar.
Selain itu, akan ada pekerjaan jalan masuk serta pembangunan dua jembatan kayu di areal Pantai Manggar yang dikerjakan menggunakan dana APBD. Selain itu, Oemy berterima kasih kepada pihak perusahaan maupun perorangan yang ikut berperan. “Pembangunan taman dikerjakan PT Angkasa Pura I dan bantuan dari Pak Rudy (Rudy Dandito). Kami sangat bersyukur bila fasilitas itu bisa rampung dan digunakan tahun ini juga,” tambahnya.
Terkait event drone nasional, merupakan upaya pengembangan pariwisata pesisir Balikpapan. Lewat foto-foto maupun video yang dihasilkan dapat memperkenalkan keindahan Kota Minyak dari udara. Oemy mengajak berbagai komunitas agar turut serta. Dirinya juga berharap, para pencinta drone dari luar Kalimantan berpartisipasi. Terkait regulasi dan mekanisme pendaftaran masih akan dibahas.
“Jumlah peserta tidak akan kami batasi, sebanyak-banyaknya. Karena event berskala nasional, tentu kami harap peserta dari berbagai penjuru Nusantara bisa datang,” imbuhnya.
Dirinya juga memohon restu dan doa masyarakat agar semua berjalan lancar. Serta mengimbau masyarakat agar lebih menjaga lingkungan, terutama di daerah wisata seperti Pantai Manggar. Mengingat kejadian beberapa waktu lalu, terjadi penebangan pohon oleh oknum tak bertanggung jawab. Kini pohon-pohon yang ditebang telah ditanam kembali. (lil/rsh/k16)

Repost Prokaltim